welcome to my blog, may be useful for all

Sunday, December 30, 2012

Dari botol plastik tercipta keindahan

Sampah adalah masalah penting yang tidak pernah terselesaikan di tanah air kita tercinta ini. Akibat yang ditimbulkan oleh sampah yang masih sering terjadi yaitu penyumbatan saluran air sehingga menimbulkan banjir. 
Namun, berbagai usaha sudah dilakukan yaitu dengan munculnya prinsip 3R yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang). Ada sebagian kalangan masyarakat yang sudah menerapkan prinsip 3R ini, namun hal ini masih belum cukup untuk menyelesaikan masalah ini karena belum semua masyarakat Indonesia melakukan hal ini.
Prinsip yang paling menarik bagi saya yaitu recycle (mendaur ulang), semoga prinsip ini juga menarik bagi blogger semua. Recycle (mendaur ulang) adalah proses untuk mengubah satu bagian produk yang sudah tidak terpakai namun  masih berguna ke dalam produk baru. Hal ini tentu menimbulkan kreatifitas dari masing-masing masyarakat yang sadar akan lingkungannya. Hal ini mudah dilakukan asalkan ada kemauan yang tinggi dan kreatifitas. Banyak barang yang kita beli dan tentu saja bagian yang tidak dikonsumsi akan menjadi sampah. Tapi tunggu dulu...
Barang yang menurut kita sudah tidak terpakai seperti plastik botol minuman ternyata bila dikumpulkan dan dibuat menjadi suatu bentuk yang lain akan menjadi suatu daya tarik tersendiri bisa dibuat menjadi barang bermanfaat dan berguna , seperti :
1. Tempat pensil
2. Dompet serbaguna

 3. Bunga plastik 
Tak hanya ketiga barang tersebut saja yang bisa dikreasikan dari botol bekas, ada lagi kreasi lain yang kalian bisa lihat cara pembuatannya yaitu lampu hias bunga. Sudah penasaran ingin melihat caranya ?? check it out...
Mudah bukan teman-teman ? ayo mulai dari hari ini kita mengembangkan kreatifitas untuk mendaur ulang sampah yang ada di sekitar kita !

 Sumber gambar :
http://suaiba-geo.blogspot.com
http://hiasanrumah.wordpress.com
http://art-of-rubbishdbc0013.blogspot.com

No comments:

Post a Comment