welcome to my blog, may be useful for all

Sunday, December 30, 2012

Cegah banjir dengan Biopori !

Banjir merupakan permasalahan setelah kemacetan yang selalu ditemui di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta. Sistem drainase yang kurang sempurna dan pembangunan beralaskan semen menjadi penyebab banjir yang utama karena kurangnya penyerapan air ke dalam tanah. 

Tak mau fakta ini berlangsung setiap tahunnya ? Biopori hadir sebagai jalan keluar untuk mengatasi/ mengurangi banjir. Biopori sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biopori selain digunakan untuk menyerap genangan air hujan juga menjadikan tanah disekitarnya menjadi subur. Air hujan yang terserap ke dalam biopori akan menjadi air tanah yang pada akhirnya dapat dikonsumsi.
Selain berguna mengalirkan air ke tanah, biopori dapat bermanfaat untuk membuat kompos atau pupuk tumbuh-tumbuhan. Sampah di dalam lubang biopori dimakan rayap lalu diuraikan cacing serta mikroba menjadi kompos, dan bisa diambil hasilnya untuk menyuburkan tanaman.
Anda dapat membuat lubang biopori pada alas saluran air hujan di sekitar rumah, di sekeliling pohon, atau pada tanah kosong antartanaman. Nah, cara pembuatannya, pertama setelah memilih tempat untuk biopori siapkan dulu alur untuk jalannya aliran air. Kemudian lakukan cara pembuatannya sesuai dengan yang tercantum dalam artikel berikut ini :
Biopori IPB - Copy sumber gambar :
http://solusibanjirindonesia.wordpress.com
http://toni-poejoharnanto.blogspot.com

No comments:

Post a Comment